Custom Search

14 Mei 2008

MIMISAN. penyakit berat atau ringan?



Mimisan, adalah sebuah pendarahan hidung karena sebab-sebab tertentu. Mimisan atau dalam bahas inggris disebut nosebleeds dapat dikategorikan sebagai kejadian yang BIASA terjadi pada anak kecil usia 3-10 tahunan. hal ini disebabkan oleh masih tipisnya pembuluh darah pada anak di usia ini.

Penyebab Umum
mimisan pada anak bisa terjadi karena banyak hal, penyebab umum mimisan diantaranya :
1. perubahan cuaca yang dialami anak (sangat sering terjadi pada daerah 4 musim)
2. iritasi oleh gas yang merangsang
3. bisa juga terjadi pada anak yang sering pilek
4. kemasukan benda mengingat hidung anak kadang-kadang bisa kemasukan benda seperti biji-bijian dan terluka
5. panas tinggi karena demam
6. kekurangan vitamin C dan Kalsium
Penanggulangan
Mimisan biasanya terjadi dalam waktu sebentar, 1-5 menit. itupun menanggulanginya tidak perlu panik, cukup dudukkan anak dengan posisi kepala agak tengadah, sediakan tissue untuk membersihkan darah dan menghentikan alirannya. jangan menidurkan anak karena akan membuat darah masuk kerongkongan. gunakan es batu dan menempelkan pada luar hidung. cara tradisional penggunaan daun sirih juga baik.intinya memperkecil pembuluh darah dan pendarahan segera berhenti

namun jika sampai 10 menit pendarahan tidak berhenti, segera hubungi dokter, karena bisa jadi pendarahan yang muncul diakibatkan sesuatu yang memerlukan penanganan serius. seperti hidung tertusuk sesuatu.

Kapan Mimisan dianggap berbahaya ?
mimisan bisa jadi merupakan indikator sesuatu yang serius telah terjadi, seperti mimisan yang didahului panas tinggi beberapa hari merupakan indikator demam berdarah. betulkah?. segera cek lab jika ini terjadi. penderita tekanan darah tinggi juga bisa mimisan saat kambuh, walaupun ini bukan pertanda stroke, tapi wajib diwaspadai. mimisan perlu diwaspadai juga jika disertai dengan badan lemas,kantuk dan karena benturan kepala

terakhir, mimisan sangat berbahaya jika ternyata yang terjadi adalah infeksi karena ada masalah hidung seperti sinusitis, rinitis dan yang lebih parah lagi jika karena lepra, lupus dan sifilis.

Tidak ada komentar: